Plastik PET vs HDPE Untuk Jerigen Plastik Bagus Mana?

Plastik PET vs HDPE Untuk Jerigen Plastik Bagus Mana?

Antara plastik PET dan plastik HDPE pada saat digunakan untuk pembuatan jerigen plastik, bagus mana sih? Pertanyaan ini mungkin sering jadi pertanyaan Anda manakala Anda menemui sebuah jerigen plastik. Karena seperti yang diketahui, bahan untuk pembuatan berbagai property plastik memang sangat beragam. Jenis plastik yang paling sering digunakan adalah bahan PET dan HDPE.

Penggunaan kedua jenis bahan plastik tersebut banyak digunakan pada produk-produk kemasan. Misalnya saja pada industri makanan, minuman, kecantikan dan kimia. Tapi manakah yang paling bagus untuk keperluan jerigen plastik?

Perbedaan Plastik PET Dan Plastik HDPE

Untuk mengetahui manakah yang paling tepat untuk digunakan, terlebih dahulu kita harus memahami perbedaan antara plastik PET dan plastik HDPE. Terdapat beberapa perbedaan yang mendasari antara PET dan HDPE yaitu :

  • Kegelapan

Perbedaan paling jelas antara plastik PET dan HDPE adalah opacity atau kegelapan. PET ini biasanya berwarna transparan, sehingga menjadikannya pilihan yang sempurna untuk memamerkan minuman berwarna cerah atau bisa ditempeli dengan label dan merek. Sedangkan untuk HDPE memiliki warna tembus cahaya berarti terlihat terlihat buram dari kejauhan tapi jangan khawatir, karena Anda tetap bisa melihat banyaknya isi botol pada jarak yang cukup dekat.

  • Hambatan

Karakteristik dari plastik PET ini cukup kuat dan ringan serta fleksibel, inilah yang menyebabkannya dapat menyerupai kaca. In berperan sebagai penghalang kuat terhadap uap air, gas, minyak, alkohol dan asam encer. Sehingga menjadikannya sebagai pilihan paling sempurna untuk makanan dan minuman, serta pastinya dapat mencegah kontaminasi produk.

Sedangkan untuk HDPE sendiri memiliki karakteristik yang tangguh dan kaku dengan sentuhan warna susu alami. Kekuatannya sangat sulit untuk dipecahkan, dan membuatnya sebagai pilihan tepat sebagai kemasan pada produk makanan maupun minuman serta bahan kimi dan produk pembersih industri.

  • Dapat Didaur Ulang

Dalam hal daur ulang, tidak ada perbedaan antara keduanya. Baik PET maupun HDPE bila dikumpulkan dapat didaur ulang. Plastik PET dapat didaur ulang menjadi berbagai bahan baru, misalnya kain, dan kemasan baru. Sedangkan untuk HDPE dapat didaur ulang menjadi furniture taman, tempat sampah dan juga pipa.

Jadi, Mana Yang Paling Tepat Digunakan Untuk Kebutuhan Pembuatan Jerigen Plastik?

Berdasarkan informasi perbedaan antara kedua produk diatas, kita dapat mengetahui bahwa keduanya banyak digunakan sebagai wadah untuk berbagai produk kemasan. Jerigen plastik kebanyakan memilki warna putih susu, bersifat kaku dan sulit untuk dipecahkan. Ini berarti bahwa bahan HDPE paling banyak digunakan dan paling tepat untuk bahan jerigen plastik. Lebih lengkapnya, penggunan bahan PET dan HDPE adalah untuk :

  • Penggunaan plastik PET : Botol air, botol minuman bersoda dan lembut, pot makanan, nampan siap oven, menyimpan botol.
  • Penggunaan plastik HDPE: Botol susu, drum kimia, Plastic Jerrycan (Jerigen Plastik), mainan anak-anak, peralatan rumah tangga dan dapur, isolasi kabel, tas pembawa.

Jadi, sudah dipastikan bahan HDPE yang paling tepat untuk digunakan pada jerigen plastik. Pastikan Anda menggunakan bahan plastik HDPE berkualitas untuk pembuatannya ya. Buat Anda yang cari jerigen plastik berkualitas, dapatkan saja disini. Kami PT.Gunung Maja Pratama produsen jerigen plastik dengan bahan HDPE berkualitas. Pastinya sangat awet untuk digunakan. Kami siap jadi partner Anda dalam produksi jerigen plastik berkualitas. Hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?